top of page

Mesin ADM atau Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah populasi terbanyak di dunia. Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) merilis data Penduduk Indonesia Semester I 2020. Dari jumlah tersebut tercatat sebanyak 135.821.768 orang adalah penduduk laki-laki. Kemudian, data yang sama tercatat sebanyak 132.761.248 adalah penduduk perempuan. Maka tak heran jika Indonesia masuk ke dalam peringkat 4 (empat) negara dengan populasi terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat, India dan Cina.


Melihat pertumbuhan penduduk yang signifikan tiap tahunnya membuat Dinas Dukcapil meluncurkan sebuah mesin yang dinamakan mesin ADM atau Anjungan Dukcapil Mandiri. Mesin ADM merupakan terobosan yang pertama di Indonesia dengan teknologi terdepan dari Dukcapil untuk memfasilitasi serta mempermudah pelayanan publik dalam mencetak berbagai macam Dokumen Negara. Ada 24 jenis dokumen kependudukan yang mampu dicetak oleh mesin ADM, beberapa diantaranya seperti E-KTP, Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, dan lain-lain.


Mesin ADM atau Anjungan Dukcapil Mandiri akan ditempatkan di berbagai lokasi strategis yang mudah dijangkau oleh masyarakat, ada beberapa kategori lokasi yang ditarget, yakni Kantor Pemerintah Kelurahan & Kecamatan, Pusat Perbelanjaan (mall), Bandara, Stasiun Kereta Api, dan Pusat Mesin ATM. Hingga saat ini mesin ADM sudah tersedia Jabodetabek, Jawa Barat, Kalimantan, Sulawesi Sumatera, Bali, NTB, Ambon dan siap untuk digunakan (https://www.sinaridigital.id/lokasi-1)


Dengan hadirnya mesin ADM atau Anjungan Dukcapil Mandiri ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam mencetak berbagai Dokumen Negara hanya dengan 1 (satu) mesin, dengan mudah, dimana saja, tanpa perlu antri dan bebas pungli.


298 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Smart Ads Kiosk

Advertising atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai Iklan merupakan salah satu dari aktivitas marketing. Iklan dapat diartikan juga sebagai sebuah informasi yang di dalamnya berisi pesan u

ATL dan BTL Itu Apa Sih?

ATL atau Above The Line dan BTL atau Below The Line, kedua istilah tersebut tidak asing lagi di dunia periklanan baik itu di Indonesia maupun di luar negeri, namun bagi sebagian orang masih belum tahu

bottom of page