top of page
galihpujarama

Potensi Pasar Digital Advertising Indonesia

Apa yang ada dibenak kalian jika berbicara mengenai Advertising atau Iklan? Sebuah aktivitas Promosi produk / jasa? Menjual produk / jasa? Atau mungkin video singkat yang sering kalian lihat di Televisi atau media social? Jawabannya pasti bervariasi ya. Saat ini Advertising bukan hanya soal mempromosikan produk atau jasa sebuah perusahaan, tapi lebih dari itu digunakan oleh sebagian orang untuk berbagai kepentingan, seperti membangun citra perusahaan atau seseorang yang berdampak secara tidak langsung.


Indonesia, sebuah negara kepulauan dengan jumlah penduduk lebih dari 200 juta jiwa dan merupakan negara ke 4 (empat) dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia setelah China, Amerika dan India menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki potensi tersendiri bagi bisnis advertising (periklanan). Hal ini tentunya berdampak pada anggaran perusahaan yang meningkat.


Anggaran belanja iklan digital di Indonesia pada tahun 2019 mencapai $ 2,6 miliar atau setara dengan RP. 36,5 triliun. Angka tersebut meningkat 26% dibanding tahun 2018. Data tersebut didapatkan Global Ad Trends Report. Sebuah dana yang sangat besar yang dimanfaatkan perusahaan untuk beriklan, bukan?


Digital Advertising sudah menjadi trend metode beriklan di Indonesia, karena saat ini pengguna digital semakin bertambah, sehingga membuat perusahaan beralih melakukan aktivitas iklan dengan menggunakan media digital. Selain itu, perusahaan berlomba membuat konten yang kreatif yang dapat menyampaikan pesan dengan tepat dan akurat. Tentunya bertambah pula anggaran perusahaan, tapi hal itu terus dilakukan dikarena persaingan semakin ketat.


Digital Advertising juga memberikan efisiensi tinggi bagi perusahaan, karena memiliki jangkauan yang lebih luas di masyarakat. Salah satu contohnya adalah Televisi dan DOOH (digital out of home advertising) dinilai lebih efisien untuk perusahaan dalam mempromosikan produk/jasa. DOOH termasuk ke dalam jenis Digital Advertising yang semula dikenal dengan sebutan OOH (out of home advertising). SINARI Mesin ADM atau Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri merupakan salah satu media yang termasuk kedalam jenis Digital Advertising dengan mengusung tema Smart-Ads-Kiosk. Temukan perbedaanya pada link berikut https://www.sinaridigital.id/


38 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Smart Ads Kiosk

Advertising atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai Iklan merupakan salah satu dari aktivitas marketing. Iklan dapat...

ATL dan BTL Itu Apa Sih?

ATL atau Above The Line dan BTL atau Below The Line, kedua istilah tersebut tidak asing lagi di dunia periklanan baik itu di Indonesia...

Comments

Couldn’t Load Comments
It looks like there was a technical problem. Try reconnecting or refreshing the page.
bottom of page